Aburizal Bakrie Disuntik Vaksin Nusantara: Saya Pertama Kali, Insyaallah Berhasil

Dewan Pembina Partai GolkarAburizal Bakriemengungkapkan telah disuntikvaksin Nusantarayang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Ical dalam sebuah sebuah video yang sudah dikonfirmasi. Dalam video tersebut Ical menunjukkan sebuah plastik transparan.

Dia menyatakan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Nusantara. Diberitakan sebelumnya, vaksin Nusantara yang digagas Terawanbelum bisa lanjut ke tahap uji klinis fase IIoleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dokumen hasil pemeriksaan tim BPOM menunjukkan berbagai kejanggalan penelitianvaksin.

Misalnya tidak ada validasi dan standardisasi terhadap metode pengujian. Hasil penelitian pun berbeda beda, dengan alat ukur yang tak sama. Selain itu, produkvaksintidak dibuat dalam kondisi steril. Catatan lain adalah antigen yang digunakan dalam penelitian tidak terjamin steril dan hanya boleh digunakan untuk riset laboratorium, bukan untuk manusia.

Tertulis dalam dokumen tersebut, BPOM menyatakan hasil penelitian tidak dapat diterima validitasnya. Dalam bagian lain dokumen disebutkan, uji klinis terhadap subjek warga negara Indonesia dilakukan oleh peneliti asing yang tidak dapat menunjukkan izin penelitian. Bukan hanya peneliti, semua komponen utama pembuatanvaksinNusantarapun diimpor dari Amerika Serikat.

"Bahwa ada komponen yang betul betul komponen impor dan itu tidak murah. Plus ada satu lagi, pada saat pendalaman didapatkan antigen yang digunakan, tidak dalam kualitas mutu untuk masuk dalam tubuh manusia," kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam rapat dengar dengan Komisi IX DPR RI yang disiarkan secara daring, Kamis (8/4/2021).