5 Jajanan Khas Bandung Wajib Coba, Termasuk Rekomendasi Tempat Bisa Membelinya

Jalan jalan ke Kota Bandung kurang lengkap tanpa mencicipi aneka kuliner khasnya. Terlebih kota yang mendapat julukan Kota Kembang ini punya sederet kuliner lezat yang sudah terkenal ke seluruh kota di Indonesia. Sebut saja batagor, seblak, hingga cireng. Semua makanan itu adalah kuliner khas Bandung yang sudah banyak orang tahu.

Nah, mumpung Kawan Puan berada di kota asalnya, bakal lebih baik kalau kamu mencicipi langsung aneka makanan khas Bandung. Melansir , berikut ini oleh oleh serba gurih, pedas, dan enak dengan harga terjangkau khas Bandung ini. Siapa yang tidak tahu seblak? Makanan ini merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang terkenal di kalangan anak muda.

Rasanya gurih, dengan berbagai isian, dan kuah pedas yang menggoyang lidah. Seblak memiliki banyak sekali isian, seperti kerupuk rebus, bakso, sosis, sayuran, telur, tulang, makaroni, hingga ceker ayam. Biasanya, kuahnya dicampur dengan telur. Saat ini, banyak sekali inovasi seblak instan dengan berbagai pilihan rasa dan isian yang bisa dijadikan oleh oleh untuk pulang.

Seblak instan dapat dibeli di berbagai gerai oleh oleh khas Bandung, seperti Kartika Sari, Toko Oleh oleh Bandung Pusaka Snacks, dan Tiga Rasa Bandung Food. </strong> Lanjut berikutnya ada batagor yang merupakan singkatan dari baso tahu goreng.

Jajanan asli Bandung ini berbahan dasar olahan bakso tahu atau siomay yang digoreng hingga kering. Bahan dasar yang digunakan dalam batagor adalah olahan ikan tenggiri dan tepung tapioka. Sajian ini disantap dengan bumbu kacang yang gurih, kecap manis, sambal, dan perasan jeruk nipis.

Batagor dapat dibeli dalam kondisi sudah digoreng atau masih mentah agar tahan lebih lama dan bisa dibawa pulang untuk dimasak di rumah. Beberapa produsen batagor yang terkenal di Bandung antara lain Batagor Kingsley, Batagor Riri, dan Batagor Burangrang. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Jajanan khas Bandung ini berbahan dasar aci atau tepung kanji dalam bahasa Sunda.

Camilan populer di Bandung ini memiliki cita rasa yang renyah di luar, serta gurih dan kenyal di dalam. Menikmati cireng akan lebih nikmat dengan dicocol pada sambal rujak pedas manis yang khas. Rujak cireng khas Bandung ini juga bisa kamu jadikan oleh oleh untuk dimakan bersama keluarga di rumah.

Baso aci punya cita rasa kuah segar, gurih, asam, dan pedas cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin. Baso aci juga memiliki berbagai macam isian, mulai dari cilok, daging tetelan, batagor, sukro cikur, hingga ceker ayam sesuai selera. Tak perlu khawatir, baso aci banyak dijual dalam bentuk kemasan praktis dan instan. Kamu dapat menemukannya di berbagai gerai oleh oleh di daerah Bandung.

</strong> Jajanan berprotein tinggi yaitu tahu Bandung ini memiliki rasa gurih dan memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasanya tidak masam. Salah satu produk terkenal adalah Tahu Susu Khas Lembang, Bandung. Kamu dapat membeli Tahu Susu Khas Lembang yang sudah digoreng maupun mentah.

Selain Tahu Susu Khas Lembang, kamu juga bisa mencoba aneka tahu Bandung lainnya, seperti Tahu Tauhid, Tahu Yun Yi, Tahu Talaga, dan Tahu Sehat Bersih. Wah, jalan jalan ke Bandung bisa membeli oleh oleh dengan cita rasa enak dan mudah didapat ya, Kawan Puan. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *